Wajib Coba! 7 Langkah Mudah Buat Rubik Kamu Jadi Seperti Baru Lagi

Hallo Cuber! Berjumpa lagi bersama saya disini dan pada kesempatan kali ini saya akan memberitahu kalian bagaimana cara membuat rubik kalian terasa seperti baru kembali.
membuat rubik lama terasa seperti baru

Pernahkah kalian mengalami kejadian rubik kalian menjadi sangat seret dan sudah tidak enak lagi dimainkan. Rasanya juga sangat berbeda dengan saat pertama kali membelinya lalu memainkannya. Jika iya maka kalian harus mengikuti langkah-langkah dibawah ini supaya rubik kalian menjadi enak dimainkan kembali.

1. Bongkar Rubik Kalian

membongkar pasang rubik

Sebaiknya kalian membongkar rubik kalian untuk memastikan kondisi pada bagian dalamnya. Kalian bisa membongkarnya menggunakan obeng maupun tension tool yang tersedia saat membeli rubiknya.

2. Cuci Rubiknya


cucilah rubiknya menggunakan sabun

Jika sudah membongkar rubiknya maka ada baiknya kalian mencuci rubik tersebut. Sebaiknya kalian tidak mencuci bagian kecil yang terdapat pada rubik secara bersamaan untuk mengantisipasi hilangnya bagian-bagian rubik. Serta jangan gunakan sikat yang keras untuk menyikat rubik kalian supaya rubiknya tidak rusak.

Baca Juga : Awas Rusak! Ini Cara Membersihkan Rubik

3. Bersihkan Menggunakan Kain


lap rubik menggunakan kain

Jika sudah dicuci kalian keringkan dengan cara mengelap rubiknya menggunakan kain maupun tisu. Sembari mengeringkan rubiknya kalian bisa mengelompokan piece berdasarkan jenisnya supaya lebih mudah menyusunnya nanti.

4. Rakit Kembali Rubiknya

rakitlah lagii rubik kalian

Saat rubiknya sudah kering kalian bisa rakit kembali rubiknya seperti semula. Jika kalian pikir ini adalah langkah terakhir maka kalian salah besar, karena masih ada langkah lain yang harus kalian lakukan.

Baca Juga : Cuber Wajib Coba! Cara Paling Mudah Membongkar dan Menyusun Rubik's Cube 4x4x4

5. Atur Ulang Tensionnya

aturlah tensioon rubik

Bagi yang belum tau apa itu tension maka saya akan menjelaskan secara singkat, tension adalah pengaturan untuk tingkat tekanan pada bagian mur yang terletak di center piece. Untuk cara pengaturannya itu disesuaikan dengan kemauan kalian dan pastikan setiap sisi mendapatkan tension yang sama.

6. Lubrikasi

berilah lube ke rubik kalian

Lubrikasi adalah proses memberikan pelumas khusus untuk rubik pada bagian yang sering bergesekan yang gunanya untuk melincinkan dan menjaga permukaan bagian dalam rubik. Kalian bisa mendapatkan pelumas khusus ini di toko rubik atau kalian juga bisa menggunakan elips sebagai pelumas alternatif.

7. Ganti Stiker

gantilah sticker kalian
Jika rubik kalian jenisnya Blackbase, Whitebase maupun Pinkbase kalian bisa mengganti stiker rubik kalian supaya kesannya kembali seperti baru. Hal ini tidak diwajibkan namun jika kalian punya uang lebih maka ada baiknya untuk membeli stiker baru juga.

Mungkin itu saja untuk pembahasan singkat kita pada kali ini, jika kalian punya request atau pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar.

* * *   instagram rubik's cube indonesia

Follow akun Instagram @rubikscubeid, Facebook, dan Twitter.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Kalo rubriknya magnetik aman nggak dicuci?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman kok, pernah saya bahas bersama YouTuber rubik Indonesia juga. Bisa cek di https://www.youtube.com/watch?v=kjxCroBjLTs

      Hapus